-->

Struktur Dasar Dari HTML


Di tutorial ini saya akan sharing bagaimana cara penulisan struktur dasar dari HTML, Sedikit mengulang html itu adalah sebuah bahasa yang diguanakn oleh orang untuk membangun sebuah halaman website, maka dari itu kita akan belajar terlebih dahulu bagai mana struktur dari html, terlebih dahulu kita akan menentukan editor apa yang akan kita gunakan untuk merancang atau mendesain website, di dalam editor kita akan merancang dan menyusun kode kode HTML kemudian akan dijadikan sebuah file.html dan dijalankan di web browser, berikut ini ada beberapa jenis editor yang dapat digunakan membuat Website.

Text Editor HTML

1. Adobe Dreamweaver
2. komodo Edit
3. Adobe Creative Suite
4. Microsoft Expression Studio
5. Microsoft Expression Studio
6. Komodo Edit
7. Aptana Studio
8. NetBeans
9. NetObjects Fusion
10. CoffeCup HTML Editor
11. Brackets
12. Notepad++
13. ConTEXT

Banyak yang lain lagi text editor yang bisa digunakan, kalau saya sendiri mengguankan editor Brackets kalau mau download silahkan klik disini.

Penulisan Struktur dasar dari HTML.

<html>
    <head>
        <title>Perdanatutors</title>
    </head>
<body>
    <h1>Membuat judul</h1>
</body>
</html>

Untuk penulisan kode html biasanya di akhiri dengan tanda "/" seperti </html> tetapi ada juga tag html yang tidak menggunakan tanda "/" serperti <br> tag untuk enter kebawah. setiap penulisan tag html akan ada tag pembuka dan tag penutupnya <html></html>. Untuk tag title di atas fungsinya sebagai memberikan judul pada halaman html kita seperti gambar di bawah ini.



Untuk mengisi halaman website kita menuliskan Tag diantara tag <body>ISI WEB</body> seperti <h1><h1> untuk membuat judul.


Ada beberapa jenis tag heading.
<h1> Ukuran 1 </h1>
<h2> Ukuran 2 </h1>
<h3> Ukuran 3 </h1>
<h4> Ukuran 4 </h1>
<h5> Ukuran 5 </h1>
<h6> Ukuran 6 </h1>

Ukuran untuk heading tidak akan sama dimulai dari ukuran yang paling besar <h1> sampai ke yang terkecil <h6> yang bisa di pilih sesui dengan keperluan.
Belajar html ini tidak terlalu sulit kita hanya perlu mengetahui fungsi dari tag, penempatan tag, dan menyusun tag-tag menjadi sebuah halam website.
silahkan anda coba tuliskan tag html di atas dan lihat hasilnya, jangan lupa kalau untuk formatnya kita mengguakan .html simpan dan jalankan di web browser.

selamat mencoba..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel