-->

Tampilan Layar Visual Basic 2008




Interface antar muka Visual Basic 2008, berisi menu, toolbar, toolbox, form, project explorer dan property.

        Pembuatan Program aplikasi menggunaan Visual Basic dilakukan dengan membuat tampilan aplikasi pada form, kemudian diberi script program di dalam komponen-komponen yang di perlukan. Form disusun oleh komponen-komponen yang berada di [Toolbox], dan setiap komponen yang dipakai harus diatur propertinya lewat jendela [Property].


       Menu pada dasarnya adalah operasional standar di dalam system operasi windows, seperti membuatform baru, membuat project baru, membuka project dan menyimpan project. Di samping itu terdapat fasilitas-fasilitas pemakaian visual basic pada menu. Untuk lebih jelasnya Visual Basic Menyediakan bantuan yang sangat lengkap dan detail dalam MSDN

1.       Menu
Menu merupakan kumpulan perintah-perintah yang dikelompokkan dalam kriteria operasi yang dihasilakn.
2.       Toolbar
Tombol-tombol speed pada toolbar akan sangat membantu dalam mempercepatakses perintah(yang bias jadi tersembunyi dalam tingkat tinggi hirarki). Sebab tombol speed berfungsi sama dengan perintah yang tersedia (dan tersembunyi) di dalam menu.
3.       Toolbox
Toolbox adalah tempat penyimpanan kontrol yang akan kita guanakn pada program yang dipasangkan pada form.
4.    Form
 Form adalah bahan untuk pembuatan window. Kita meletakkan kontrol pada form. kontrol ini misalnya tombol, check box, radio button, memo label, panel dan sebagainya. Pada form tersedia tombolminimize/restore dan close ketiganya terletak di pojok kanan atas. Ukura form bisa diubah dengan drag dan drop tiga titik disebelah kanan, bawah dan pojok kanan bawah. Jika drag kearah ke luar akan memperbesar dan sebaliknya akan memperkecil.
5.       Project Explorer
Project explorer merupakan daftar tampilan form dan module yang ada pada project yang aktif.
6.       Property
Window ini bertugas menyiapkan segala property dari objek yang diperlukan dalam perancangan user interface maupun pemograman. Pada window ini terdapat semua property yang dimiliki oleh objek terpilih ( cara memilih objek adalah klik objek lansung pada diagram di project explorer atau klik lansung apda objeknya, misalnya form)

Pada window ini terdapat dua tab yang menampilkan property dalam dua cara sesuai dengan nama tab yaitu tab alphabet (diurutkan bedasarkan namasesuaidengan abjad,ini merupakan pilihan default)dan categories(diurutkan bedasarkan fungsinya). Masing-masing properties memliki nilainya sendiri yang telah disediakan Visual Basic 2008 atau kita isikan sesuai dengan kebutuhan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel