-->

Konsep Dasar Pemrograman Dalam Visual Basic 2008




Konsep dasar pemograman visual basic 2008 adalah pembuatan form dengan mengikuti aturan pemograman property, metode dan Event. Hal ini berarti:




Property: setiap komponen di dalam pemograman Visual Basic dapat diautr propertiya sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Property yang tidak boleh dilupakan pada setiap komponen adalah “Nama”, yang berarti nama variable (komponen ) yang akan digunakan dalam scripting. Property “nama”ini hanya bisa diatur melalui jendela property, sedangkan nilai property yang lain bisa diatur melalui script seperti
  
Command1.caption=”play”

Text1.Text=”Visual Basic”

Label.Visible=False

Time1.Enable=True


Metode: bahwa jalannya program dapat diatur sesuai aplikasi dengan menggunakan metode pemograman yang diatur sebagai aksi dari setiap komponen. Metode inilah tempat untuk mengekpresikan logika pemograman dari pembuatan suatu program aplikasi.

Event: setiap komponen dapat beraksi melalui event, seperti event click pada command button yang tertulis dalam layar script Command1_Click, atau event  mouse down pada picture yang tertulis dengan Picture1_MouseDown. Pengaturan evet dalam setiap komponen yang akan menjalankan semua metode yang dibuat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel