-->

Membuat Project Baru di Visual Basic 2008



Tutorial visual basic 2008 dasar

 Untuk memulai pembuatan program aplikasi di dalam Visual Basic, yang dilakukan adalah membuat project baru. Project adalah sekumpulan form, modul, fungsi, data dan laporan yang digunakan dalam suatu aplikasi. Membuat project baru dapat dilakukan dengan memilih menu file>>new project setelah itu akan muncul konfirmasi untuk jenis project dari program aplikasi yang akan di buat seperti gambar berikut: 





Kemudian pilihlah Windows form application 


Pada jendela form, pengguna dalam membangun tampilan dari program aplikasi yang akan dibuat dengan mengatur komponen-komponen baik letak, property dan eventnya.untuk mengambil suatu komponen dari [Toolbox]dapat dilakukan dengan click komponen tersebut, kemudian clic atau tarik pada posisi yang benar pada form. Sebagai contoh mengambil label dari Toolbox dapat dilakukan dengan cara seperti berikut:




Langkah – langkah mengambil label dari toolbox untuk dipasangkan dalam form adalah sebagai berikut:

  • Click ikon [Label]pada[ToolBox]
  • Pindahkan keposisi dimana label itu akan diletakk  
  • Click dan tarik sampai ukurannya benar lalu lepaskan


Catatan:
Jangan lupa untuk mengatur property name dari setiap komponen yang digunakan, karena name merupakan identitas obyek yang akan digunakan dalam menulis program.
 




Langkah berikutnya adlah memberikan teks pada label, misalkan “Hello world”, maka pilihan property Text, dan isi dengan hello word hasil tampilan program sebagai berikut:





Dan untuk menjalankan program click ikon start debugging pada Toolbar atau pilih menu debug >> start debugging atau dengan cara menekan F5.

 
Selamat Mencoba.:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel